Pembekalan PR IPM SMK Mudaba Periode 2022-2023

Pengurus PR IPM SMK Muhammadiyah 2 Bantul Periode 2022-2023 telah resmi dilantik pada Kamis, 10 November 2022 yang lalu. Setelah dilantik, para pengurus baru tidak langsung menjalankan tugasnya sebagai organisasi siswa di sekolah, akan tetapi harus mengikuti kegiatan pembekalan dengan maksud memberikan pemahaman dasar kepada para pengurus mengenai dasar-dasar organisasi, kepemimpinan dan penyusunan program kerja/ kegiatan.


Pembekalan PR IPM SMK Muhammadiyah 2 Bantul Periode 2022-2023 dilaksanakan pada Sabtu, 12 November 2022 bertempat di Pantai Baru, Bantul. Kegiatan pembekalan dilaksanakan dengan melibatkan pengurus lama yakni PR IPM SMK Muhammadiyah 2 Bantul Periode 2021-2022. Terdapat 3 materi utama yang disampaikan dalam pembekalan, yaitu materi Keislaman dan Kemuhammadiyah, materi Keorganisasian dan Kepemimpinan serta materi KeIPMan dan pembuatan program kerja satu periode. Selain ketiga materi tersebut, kegiatan pembekalan juga diisi dengan permainan outbond yang dikooridinir langsung oleh pengurus periode lalu.


Materi pertama yaitu Keislaman dan Kemuhammadiyahan disampaikan oleh Bapak Kepala SMK Muhammadiyah 2 Bantul Bapak Insan Gunarjo, S.Pd.I, M.S.I. Materi ini disampaikan dengan maksud agar para pengurus PR IPM mendalami nilai-nilai keislaman dan ketauhidan dalam hidup. Nilai-nilai yang mendasari setiap aktivitas, begitupun dalam aktivitas organisasi. Disampaikan 5 dasar/ rukun keisalaman yang wajib diketahui dan dilaksanakan yaitu Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa dan Haji. Selain itu disampaikan juga mengenai ideology Muhammadiyah, yang mengingatkan bahwa IPM juga termasuk organisasi otonom Muhammadiyah. Di materi ini juga diajak mendalami ciri khas Muhammadiyah yang menjauhi aktivitas syirik, tahayul, bid’ah dan khurafat.


Materi kedua yang diberikan dalam pembekalan yakni materi Keorganisasian dan Kepemimpinan. Materi kedua ini disampaikan oleh Waka Kesiswaan SMK Muhammadiyah 2 Bantul, Ibu Rini Sulastyaningsih, S.Pd. Selaku Waka Kesiswaan, bu Rini mengajak para pengurus baru untuk memahami hakikat kepemimpinan. Bahwa, sebelum memimpin orang lain bahkan memimpin organisasi, seorang pemimpin harus mampu memimpin dirinya sendiri. Selain itu, Beliau juga memberikan pemahaman tentang tipe-tipe kepemimpinan, yang akan memudahkan setiap pemimpin dan anggota memahami pola kepemimpinan yang dimiliki masing-masing.


Materi terakhir sebelum outbond yaitu materi keIPMan dan pembuatan organisasi. Ibu Puput Pertiwi, S.Pd selaku Pembina IPM menyampaikan materi ini dengan mengajak para pengurus untuk memahami kembali tentang Kepribadian IPM. Menurutnya, setiap anak IPM harus memahami kepribadian IPM yang bisa diaplikasikan dalam kehidupannya. Setelah itu, di materi ini juga diarahkan untuk pembentukan program kerja setiap bidang. Terdapat 6 bidang yaitu bidang Umum, bidang perkaderan & Keamanan, Bidang Kajian Dakwah Islam, Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan dan Media, Bidang Apresiasi Seni BUdaya dan Olahraga serta bidang Kewirausahaan. Masing-masing bidang diminta untuk membuat kegiatan/ program kerja yang akan dilaksanakan selama satu tahun/ periode ke depan.


Kegiatan pembekalan diakhiri dengan permainan outbond yang dipimpin langsung oleh PR IPM SMK Muhammadiyah 2 Bantul Periode 2021-2022. Permainan Outbond dimaksudkan untuk merekatkan masing-masing anggota serta mendekatkan pengurus agar kepemimpinan ke depan bisa dilaksanakan seperti keluarga dan saling mendukung satu sama lain.

Red. Pembina IPM Mudaba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.